HOMIE ABOUT AFFIES
Shoes Cloth Stuff

"Fashion, if you're living and loving it, is an intimate and glorious thing. It thrives on personality and attitude, complexion and lifestyle; it is sparked by age, contained by budget, driven by dreams, and influenced by a whole lot of other things that have nothing to do with. The size of your bottom in relation to the width of your hips.."

Our network


Discuss here


its all about us


Previous post

10 Creative Ways to Reuse Old Clothes
5 Sikap Wanita Yang Membuat Pria Stress

Archives

November 2013 Desember 2013
Title: Kebudayaan Satukan Indonesia Tiongkok
written on Sabtu, 30 November 2013 @ 02.26 ✈{ 0 comments }

Delapan perempuan berwajah oriental menyuguhkan olah gerak dengan diiringi senandung musik Tiongkok. Gadis-gadis itu terus meliuk mengikuti bunyi petikan kecapi yang menyaring dan berirama.

Mereka adalah mahasiswa Jurusan Kesenian Central China Normal University (CCNU) yang tengah mengunjungi Indonesia. Sekitar 30 mahasiswa belajar kebudayaan Indonesia di Universitas Negeri Surabaya selama sepuluh hari. “Tarian ini namanya bai shou dance. Berasal dari Provinsi Tuangi, Tiongkok,” ungkap Chen Ziyang, mahasiswa CCNU jurusan kesenian rakyat tradisional, di sela-sela penampilan Sabtu malam (14/9).

Menurut Chen, tarian itu punya makna kebersamaan rakyat Tiongkok dalam bekerja. Hal tersebut digambarkan dengan gerakan-gerakan seperti mendayung perahu dengan kompak.

“Memang menggambarkan banyaknya warga Tiongkok yang bersama dalam suka maupun duka,” imbuhnya.

Selain tarian, ada mahasiswa yang menampilkan permainan kecaoi secara khusus. Mereka adalah Yinyijie dan Lizheli. “Kami ingin mengingatkan bahwa kecapi adalah salah satu alat musik tradisional asal Tiongkok,” ungkap Yinyijie yang merupakan mahasiswa jurusan pendidikan guru TK tersebut.

Direktur Lembaga Budaya dan Bahasa Mandarin Unesa Ali Mustofa mengatakan, kesenian menjadi salah satu ajang pemersatu di antara dua budaya yang berbeda. Wujud konkretnya adalah tari dan musik yang semua orang bisa menikmati chemistry dari kedua kebudayaan yang punya ciri khas berbeda.

Contohnya, saat mahasiswa CCNU menyuguhkan tarian, orang Indonesia meski tidak mengerti artinya tetap bisa menikmati. Demikian pula sebaliknya. Mahasiswa dari seni tari Unesa mempersembahkan tarian jejer ngiping yang berasal dari Banyuwangi. “Setiap lekuk tubuh, olah gerak, kostum, dan ekspresi wajah selalu bisa memukau penonton. Kebidayaan dan kesenian selalu bisa mencairkan suasana,” ujarnya. 

Label: , ,




© 2012 Layout made by mintrose. Have a nice blogging day !